Selamat Datang di Blog Saya, Mudah-mudahan Bermanfaat. Terima Kasih

Yuk! Belajar Listrik Statis untuk UN

Teori singkat untuk
Indikator soal no.14 : Menjelaskan fenomena listrik statis

Listrik statis adalah listrik yang tidak mengalir atau listrik yang muatan-muatan listriknya berada dalam keadaan diam. Listrik statis merupakan bentuk listrik yang dihasilkan bila beberapa benda digosokkan satu sama lain.

http://terminaltechno.blog.uns.ac.id
Penggaris plastik yang digosok kain wol berarti memberikan energi kepada elektron untuk berpindah. Perpindahan elektron terjadi pada kain wol menuju penggaris plastik. Penggaris plastik akan bermuatan negatif karena mendapat sejumlah elektron dari kain wol. Akibatnya penggaris plastik kelebihan elektron. Pindahnya elektron pada kain wol mengakibatkan kain wol kekurangan elektron sehingga kain wol bermuatan positif. Penggaris plastik yang telah bermuatan listrik dapat menarik serpihan kertas kecil. 

Kejadian yang sama terjadi pada batang kaca dan kain sutra yang mula-mula merupakan dua benda netral. Jika batang kaca digosok dengan kain sutra, elektron-elektron dari kaca akan berpindah menuju kain sutra. Kaca menjadi bermuatan positif, karena kekurangan elektron. Kain sutra yang mendapat tambahan elektron akan bermuatan negatif.


Interaksi Dua Muatan Listrik
BSE IPA kelas 9 : Sukiswariyono
Jika dua muatan listrik yang sejenis didekatkan satu sama lain, akan saling menolak.  Contohnya ebonit yang bermuatan negatif dengan sisir plastik yang juga bermuatan negatif.

Akan tetapi, jika dua muatan listrik tidak sejenis didekatkan satu sama lain maka akan saling menarik.Contohnya batang kaca yang bermuatan positif dengan sisir plastik yang bermuatan negatif.

Semoga bermanfaat.

Soal latihan UN yang saya coba kumpulkan sebanyak 10 soal tiap indikator bisa didownload disini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar