Selamat Datang di Blog Saya, Mudah-mudahan Bermanfaat. Terima Kasih

Pembelajaran : Model Sistem Pencernaan Manusia

Warunggunung, 28 Nopember 2017

Tulisan ini hanya berbagi pengalaman saja dan masih sangat sederhana.  Mudah-mudahan bermanfaat terutama bagi rekan-rekan yang berada didaerah yang terkendala sarana dan prasarana.


Bagaimana membelajarkan materi sistem pencernaan manusia, dengan pendekatan saintifik. 
Langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. PENDAHULUAN :  Setelah mengucapkan salam, berdoa dan mengechek kehadiran.  Tampilkan sebuah gambar sistem pencernaan makanan untuk diamati bersama 
  2. Mengajukan beberapa pertanyaan seperti : Seberapa panjang saluran pencernaan manusia dari mulut sampai anus? Proses apa saja yang terjadi pada organ pencernaan makanan?
  3. KEGIATAN INTI : Peserta didik berkelompok dengan anggota minimal 6 orang.
  4. Setiap kelompok menerima : Lembar Kerja (LK), buku paket (apa saja, yang penting ada materi sistem pencernaan manusia), gambar sistem pencernaan manusia dan kertas kosong sebanyak 6 lembar.
  5. Peserta didik mulai mengamati gambar sistem pencernaan manusia, kemudian mengisi nama organ pencernaan pada kotak kosong yang ada digambar, serta fungsi organ tersebut di lembar belakang gambar. (Nama organ dan fungsinya bisa dicari di buku paket).
  6. Menyalin nama organ berikut fungsinya pada kertas kosong. (Satu kertas kosong untuk satu organ).
  7. Semua anggota kelompok maju ke depan dengan memegang satu kertas yang sudah berisi nama organ berikut fungsinya. (Anggota kelompok sebagai model organ).
  8. Masing-masing anggota menyebutkan nama organ masing-masing secara bergantian. Mengulang kembali dengan menyebutkan nama organ berikut fungsinya.
  9. Menyiapkan makanan, kemudian makanan tersebut dipegang oleh model organ yang pertama sampai yang terakhir secara berurutan dengan menyebut nama organ dan fungsinya.
  10. PENUTUP :  Guru bersama peserta didik menyimpulkan secara bersama-sama nama organ berikut fungsi dan prosesnya.
  11. Melakukan evaluasi pengetahuan. SELESAI
Untuk RPP dan Lembar Kerja, bisa download disini.  Terima kasih

(Kalau filenya tidak bisa di buka, silahkan hubungi no WA saya)

5 komentar: