Selamat Datang di Blog Saya, Mudah-mudahan Bermanfaat. Terima Kasih

Aplikasi Analisis Daya Serap Ujian Nasional

Warunggunung,  September 2016

Pada awal tahun pelajaran 2016/2017, pemerintah merilis aplikasi PAMER hasil ujian nasional tahun 2015/2016.  Dari aplikasi tersebut, sekolah dapat mengetahui nilai, peringkat, disribusi nilai, persentase penguasaan materi dan indikator soal ujian nasional 2015/2016.

Berdasarkan hasil tersebut, pada bulan Agustus tahun 2016 semua sekolah (khususnya SMP) yang berada di Kabupaten Lebak menguji cobakan soal UN tahun 2015/2016.  Tujuannya untuk memotret kemampuan awal siswa, sejauh mana penguasaan materi ujian nasional. Hasilnya akan ditindak lanjuti untuk perbaikan dan peningkatan hasil Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2016/2017.

Untuk memotret kemampuan awal siswa, maka diperlukan sebuah analisis. Untuk memudahkan menganalisis, saya mencoba Mengamati, Meniru, dan Memodifikasi sebuah aplikasi untuk menganalisis daya serap Ujian Nasional karya rekan saya Bapak Toni H. Nugraha, S.Pd mata pelajaran matematika.  Alhamdulillah telah saya rilis versi 1.1 untuk semua mata pelajaran yang di Ujian Nasional kan.

Berikut aplikasi analisis daya serap Ujian Nasional untuk mata pelajaran :

  1. Bahasa Indonesia
  2. Matematika
  3. Bahasa Inggris (baru)
  4. IPA
Silahkan klik mata pelajarannya untuk download (gratis). Kritik dan saran yang membangun silahkan dialamatkan di kolom komentar ini.  Terima kasih, semoga bermanfaat.

Tertanda
Mohamad Hazairin

1 komentar:

  1. Assalamualaikum Wr Wb.
    Pa Hazairin, saya senang membaca materi analisis daya serap ulangan / ujian yang dishare disini.
    Mohon penjelasan, bagaimana cara menentukan kode indikator.
    Terima kasih.

    BalasHapus