Selamat Datang di Blog Saya, Mudah-mudahan Bermanfaat. Terima Kasih

Panduan Pembelajaran dari Kemendikbud

Setelah berkutat dengan penilaian di akhir semester ini, marilah kita kembali untuk mempersiapkan pembelajaran yang lebih baik di tahun ajaran baru.  Kemendikbud telah merilis sebuah buku yaitu Buku Panduan Pembelajaran untuk SMP.  Panduan ini disusun dengan maksud untuk memberikan penjelasn praktis mengenai pelaksanaan pembelajaran sesuai standar proses yaitu pembelajaran yang menerapkan Pendekatan Saintifik yang didukung oleh berbagai metode pembelajaran seperti Inquiry/Discovery Learning, Problem Based Learning, dan Project Based Learning.

Berikut filenya :
  1. Sampul panduan pembelajaran, klik disini untuk download
  2. Isi panduan pembelajaran, klik disini untuk download
Tujuan dari buku panduan ini adalah :
  1. Memberi gambaran umum mengenai tujuan pendidikan jenjang SMP berdasarkan Kurikulum 2013;
  2. Memberi gambaran umum mengenai cakupan isi kurikulum 2013 untuk jenjang SMP;
  3. Memberi gambaran umum mengenai penilaian pencapaian kompetensi sebagai hasil proses pembelajaran pada jenjang SMP berdasarkan Kurikulum 2013; dan
  4. Memberi deskripsi rinci operasinal proses pembelajaran pada jenjang SMP berdasarkan Kurikulum 2013 dengan menggunakan Pembelajaran dengan Metode Saintifik, Inquiry/Discovery Learning, Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Berbasis Proyek, Pembelajaran Kooperatif, dan Pembelajaran Berbasis Teks.
Buku panduan ini bagi pendidik akan sangat memudahkan sekali dalam memahami pembuatan RPP serta penerapan metode-metode yang akan dilaksanakan.

Semoga bermanfaat, terima kasih.

4 komentar:

  1. Terimakasih banyak Bapak sudah berkenan berbagi ilmu, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. matur nuwun sudah banyak berbagi ilmu...mau, tanya pak untuk aplikasi raport yang untuk madrasah tsanawiyah (MTs) apakah ada aplikasinya???karena mapel agama di MTs lebih terperinci..mohon pencerahan..trima kasih banya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama pak. Mohon maaf, untuk MTs saya tidak membuat. Mudah2an ada rekan yang lain yang bisa membantu. Trmksh

      Hapus