Selamat Datang di Blog Saya, Mudah-mudahan Bermanfaat. Terima Kasih

Aplikasi Penilaian K13 untuk Guru Mapel SMP

UPDATE OKTOBER 2016

Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memeroleh informasi atau data mengenai proses dan hasil belajar siswa. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi yang menekankan pembelajaran berbasis aktivitas yang bertujuan memfasilitasi siswa memperoleh sikap, pengetahuan, dan keterampilan.  Ada 3 penilaian dalam kurikulum 2013 yaitu penilaian sikap (spiritual dan sosial), pengetahuan dan keterampilan.

Seorang guru yang sudah menyusun RPP, menyusun instrumen penilaianmelaksanakan pembelajaran dan melaksanakan penilaian, akan dituntut untuk bisa mengelola hasil penilaian tersebut.  Penilaian tersebut dimasukkan kedalam format penilaian (biasanya sudah disiapkan oleh pihak sekolah).  Bagi yang belum memiliki format penilaian tersebut bisa download di postingan saya sebelumnya.

Banyak guru yang merasa kebingungan dalam mengelola hasil penilaian kurikulum 2013 sampai didapat angka, predikat dan deskripsi. Melihat hal tersebut, maka saya mencoba mengembangkan sebuah APLIKASI PENILAIAN KURIKULUM 2013 UNTUK GURU MATA PELAJARAN. Aplikasi ini sebagai alat bantu saja dalam melakukan pengelolaan penilaian.  Saat ini masih saya khususkan untuk kelas 7 SMP semester ganjil. Aplikasi ini update Oktober 2016 yang saya kembangkan menjadi lebih sederhana dari yang sebelumnya.
Menu Depan Pada Aplikasi
Bagi yang membutuhkan, silahkan download dengan mengklik kata DISINI berikut :
  1. Panduan pengisian aplikasi
  2. Contoh aplikasi yang sudah diisi untuk mapel IPA
  3. APLIKASI PENILAIAN GURU MAPEL yang masih kosong
  4. Materi pokok untuk semua mata pelajaran, klik disini
  5. Presentasi saya mengenai penilaian, klik disini
Semoga bermanfaat.  Terima kasih

3 komentar:

  1. Materi Pokoknya ngga ada di link ka, gimana yah?

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum, pak Hazairin.
    aplikasi Raport K13 nya nggak bisa di buka yah?
    mohon bantuannya pak

    BalasHapus
  3. link unduhnya tdak dapat di buka Mas, bagaimana Ya?

    BalasHapus